Bhayangkara Juara Lewat Jalur Rapat

Sebuah pertemuan terjadi di Mako Kostrad, Jakarta Pusat, pada Jumat petang (10/11). Pelakunya, Komite Eksekutif (Exco) PSSI, manajeman Bhayangkara FC, Mitra Kukar, Bali United dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), operator kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1 Indonesia.

Rapat tersebut dibuat guna mendudukan persoalan yang akhir-akhir menjadi polemik di Liga 1 Indonesia. Yakni “pemberian hadiah” poin bagi tim Bhayangkara FC kala berhadapan dengan Mitra Kukar pekan ke-32 Liga 1, Jumat (3/10).

Karena Mitra Kukar memainkan pemain yang dilarang tampil, Mohamed Sissoko, pada pertandingan tersebut, maka tim itu diberi hukuman Komisi Disiplin PSSI. Yaitu menganulir hasil 1-1, dan memenangkan Bhayangkara 3-0.

Sebenarnya, kesalahan tersebut tak mutlak dilakukan Mitra Kukar. Sebab, pengawas pertandingan (di bawah PT LIB) pada laga tersebut, memberikan lampu hijau Sisoko bermain.

Dalam Nota Larangan Bermain (NLB), pemain yang dilarang tampil hanya Herwin Tri Saputra dan Indra Kahfi Ardhiyasa. Oleh karena itu, dalam rapat Jumat kemarin, PT LIB disertakan untuk menjernihkan masalah.

Lalu mengapa Bali United diikutsertakan? Karena tim tersebut merupakan pihak yang paling dirugikan atas “pemberian hadiah” tadi. Bila tak ada pemberian hadiah tersebut, selisih poin kedua tim tersebut hanya dua saja di pekan ke-33.

Artinya, siapa juara Liga 1 Indonesia bakal ditentukan di pekan ke-34: Bhayangkara FC vs. Persija Jakarta dan Bali United vs. Gresik United, Minggu (12/11). Semua kemungkinan masih bisa terjadi, entah Bhayangkara FC atau Bali United menjadi kampiun.

Namun, dengan hadiah dari Komdis tadi, maka peluang Bali United menjadi juara tertutup. 

Inilah yang kemudian menjadi persoalan di mata masyarakat. PSSI dianggap berpihak kepada Bhayangkara FC.

Hujatan kepada PSSI pun tak terhindarkan, baik di media sosial maupun di tengah masyarakat.

Lucunya, dengan kemenangan 3-1 Bhayangkara FC atas Madura United di pekan ke-33, tim yang pertama disebut itu tak bisa dinobatkan sebagai juara. Sebab, menurut PSSI maupun PT LIB, Mitra Kukar melakukan banding atas hukuman “pemberian hadiah” tadi.

Nah, pada rapat Jumat kemarin itulah, pertemuan semua pihak yang terkait diadakan. Hasilnya, menurut Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, sudah mendapatkan titik temu.

“Kita semua sudah duduk sama-sama, sudah saling mengaku salah. Kalau sudah begitu semua, ya untuk apa dia (Mitra Kukar) banding lagi? Intinya Mitra mengaku salah ya,” ucap Tisha, seperti dikutip dari Goal Indonesia.

Alhasil, atas kesepakatan tersebut, secara tak langsung, Bhayangkara FC dinyatakan juara Liga 1 Indonesia lewat rapat Jumat kemarin.

Memang, dengan perbedaan tiga poin saat ini, hasil di pekan ke-34 tidak lagi berpengaruh apa-apa. Bilapun Bali United menang dan Bhayangkara kalah, jumlah poin keduanya akan sama, yakni 68.

Bila mengacu kepada Regulasi Liga 1 Indonesia 2017, pada Pasal 15 ayat 4 poin b dikatakan, penentuan posisi klasemen bila memiliki poin sama adalah, dihitung berdasarkan pada head to head.

Dan, rekor pertemuan kedua tim berpihak kepada Bhayangkara. Di pertemuan pertama, mereka menang 3-1 di kandang Bali United. Sedangkan di kandang Bhayangkara, tim tersebut menang 3-2.

Meski demikian, Tisha mencoba bersikap diplomatis saat disinggung apakah dengan putusan tersebut Bhayangkara bisa dinyatakan sebagai juara. Menurutnya, status juara bisa ditabalkan setelah melewati satu musim kompetisi penuh, alias 34 pekan.

“Secara poin memang tidak bisa dikejar. Tapi kita harus menghargai dan membiarkan kompetisi berjalan penuh,” ucapnya. “… Karena kompetisi masih berlangsung dan masih banyak hal yang bisa terjadi.”

Tisha pun meminta masyarakat tak lagi mencari siapa yang salah dalam kasus Bhayangkara vs. Mitra Kukar. Menurut Tisha, Mitra Kukar telah mengaku salah dengan memainkan Sisoko.

Sebab, menurut Tisha, Komdis PSSI telah mengeluarkan surat pemberitahuan melalui surat eletronik.

“Subtansinya (soal mengaku salah), perkara lain soal tidak bacaemail dan lainnya, bukan subtansi. Jadi, tolong sudahi kegaduhan in,” katanya, yang dikutip dari Bola.com.

Related posts